PENDIDIKAN ISLAM

PENDIDIKAN ISLAM

    Menurut Langeveld, Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing kepada manusia yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaan.

Menurut Ahmad D Marimba, pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh sipendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

Dengan  demikian pendidikan dalam arti luas adalah meliputi perbuatan atau usaha generasi tua untuk mengalihkan (melimpahkan) pengetahuannya, pengalamannya, serta ketrampilannya kepada generasi muda, sebagai usaha untuk menyiapkan mereka agar dapat memenuhi fungsi hidupnya, baik jasmani maupun rohaniah.

Pendidikan dapat ditinjau dari Dua segi yaitu dari pandangan masyarakat dan dari segi pandangan Individu.

–          Dari segi pandangan Masyarakat: pendidikan berarti pewarisan kebudayaan dari generasi Tua kepada generasi Muda agar hidup Masyarakat itu tetap berkelanjutan.

–          Dilihat dari segi pandangan Iindividu, pendidikan berarti pengembangan potensi-potensi yang terpendam dan tersembunyi, dengan kata lain, kemakmuran manusia tergantung pada keberhasilan pendidikannya dalam mencari dan menggarap kekayaan yang terpendam pada setiap Individu.

Pengertian pendidikan Islam itu dikaitkan dengan konsep kejadian manusia yang dari sejak awal kejadiannya sebagai makhluk Tuhan yang mempunyai ciri dasar dengan dibekali potensi hidayah Akal dan Ilmu. Di samping mengabdi sebagai Khalifah di muka bumi untuk memikul amanat dan tanggung jawab. Jadi pengertian pendidikan islam adalah merupakan usaha sadar untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan segala potensi yang di anudrahkan oleh Allah kepadanya agar mampu mengemban amanat dan tanggung jawab sebagai khalifah di muka bumi dalam pengabdiannya kepada Allah.

Oleh karna itu, perlu diadakan pemikiran kembali terhadap tujuan dan fungsi lembaga pendidikan islam agar secara fungsional pada satu sisi mampu mengemban misi manusia sebagai khalifah Allah dimuka bumi, dan pada sisi lain menjadi lembaga spesialisasi pada bidangnya yaitu di bidang agama.

Dari berbagai definisi diatas, maka pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses yang di sosialisasikan sebagai usaha dalam rangka membimbing anak didik terhadap perkembangan jasmani, dan rohaninya. Untuk menjadi bekal kelak dimasa depan yang mempunyai skepribadian utama, kebaikan, dan kegemaran dalam bekerja untuk tanah air. Dalam arti dapat menjadi anak-anak yang berima,  bertaqwa dan mempunyai Akhlak mulia.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s